TIPS MENGUASAI ANJING SAAT JALAN-JALAN

Dog Walk artinya waktu jalan-jalan dengan anjing. Setiap anjing tentunya perlu melakukan Dog Walk, bukan hanya kebutuhan fisik tapi juga mental. Dengan begitu anjing dapat berolahraga sekaligus bertemu dan mempelajari hal-hal baru disekitarnya. Tapi hal tersebut akan susah terwujud bila Anda tidak menguasai triknya bukan? Baiklah, ini dia enam tips berjalan dengan anjing Anda!
http://www.halleballedog.com/wp-content/uploads/2010/09/dog-walk.jpg 

  1. Berjalanlah didepan anjing Anda. Berjalan di depan anjing Anda memungkinkan Anda untuk terlihat sebagai seorang pack-leader (pemimpin pack). Sebaliknya, jika anjing Anda yang mengatur jalannya, dialah leadernya. Anda harus menjadi orang pertama yang masuk dan keluar dari suatu tempat. Dan anjing harus berada di belakang atau disamping Anda.
  2. Gunakanlah tali anjing yang pendek. Ini memungkinkan Anda untuk mendapat kekuasaan. Memposisikan tali ke bagian paling atas leher dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi, memandu, ataupun mengoreksi anjing Anda. Ingatlah selalu keamanan anjing Anda saat mengoreksi dirinya.
  3. Berikan waktu yang cukup untuk dog walk. Anjing, juga manusia, sama-sama cocok untuk berjalan dipagi hari. Sisihkanlah tiga puluh menit sampai satu jam untuk ini. Setiap anjing memiliki kebutuhan berbeda. Konsultasikanlah ke ahli dan amati anjing Anda apakah kebutuhannya sudah terpenuhi.
  4. Cara memberi reward saat berjalan. Setelah anjing Anda berhasil menjaga keadaan pikiran yang tepat, berilah dia hadiah dengan mengizinkannya untuk beristirahat atau mengendus sekitarnya. Jangan lupa bahwa Andalah yang menentukan kapan istirahat itu selesai. Waktu istirahat harus lebih cepat dari waktu berjalan.
  5. Tetaplah memimpin, walau setelah jalan-jalan. Saat Anda pulang ke rumah, janganlah berhenti menjadi leader. Karena Anda adalah seorang pack-leader, baik dirumah maupun dimana saja. Biarkan anjing Anda menunggu dengan tenang selama Anda melepaskan talinya atau melepas sepatu.
  6. Beri reward setelah selesai dog walk. Dengan memberikan makanan setelah jalan-jalan, Anda mengizinkan anjing Anda bekerja untuk makanan.