JENIS ANJING BER IQ TINGGI


1. Border Collie


biasanya anjing ini dilatih, dipake buat giring domba. ada juga buat penuntun orang buta. kalo diadu kecepatannya, bisa terbilang oke.Intelegensi adalah keunggulan Border Collie. Ia tahu bagaimana harus bersikap, ramah, dan terbuka pada majikannya, namun menjaga jarak dengan orang asing. Sifatnya ini membuatnya menjadi anjing gembala pilihan yang baik.

2. Poodle


Poodle mungkin adalah anjing yang dikenal di seluruh belahan dunia. Mungkin potongan rambutnya yang unik yang membuatnya demikian. Akan tetapi, Poodle juga dikenal akan kepandaiannya beradaptasi dalam berbagai aktifitas dari olahraga hingga pameran anjing.

Terdiri dari tiga jenis Poodle, yaitu Poodle Standard, Poodle Toy, dan Poodle Miniature. Poodle yang tingginya lebih dari 15 inci masuk dalam kategori standard. Yang tingginya 10 – 15 inci masuk dalam kategori Poodle Miniature. Sedangkan Poodle yang tingginya di bawah 10 inci termasuk dalam kategori Poodle Toy.

Ras ini juga tercatat sebagai salah satu anjing yang banyak digunakan dalam kelompol sirkus dalam pertunjukan mereka. Walau begitu, ras yang sama juga akrab dengan keluarga kerajaan. Dalam dunia cinema, salah satunya Poodle muncul dalam film Look Who’s Talking Now sebagai Daphne.

3. German shepherd


German Shepherd merupakan jenis anjing paling terkenal di Indonesia. Namun, kebanyakan orang lebih mengenal dan menyebutnya sebagai anjing herder. Anjing ini memang merupakan ras murni yang paling populer. Walaupun berukuran besar, tetapi German Shepherd memiliki tingkat kecerdasan tinggi, serta penurut.

Anjing German Shepherd ini pertama kali dikenalkan oleh Capt.Max Von Stephanitz. Karena perannya, ia dijuluki sebagai bapak anjing ras German Shepherd. Capt.Max Von Stephanitz merupakan pengagum anjing ini terutama dari segi kecerdasan, serta kekuatannya. Karena kecerdikan dan kemampuannya, anjing ini pun dibawa untuk melakukan tugas negara. German Shepherd banyak digunakan sebagai anjing militer yang langsung ikut perang sebagai pelacak, mata-mata, atau juga kurir.

Anjing ini memiliki banyak kelebihan, selain cerdas dan penurut. Banyak tugas lainnya yang bisa dilakukan anjing Gembala Jerman ini. Bisa juga sebagai penjaga rumah, atau sebagai penuntun orang tuna netra.

German Shepherd biasanya berukuran 60 – 65 cm untuk jantan, dan 55 -60 cm untuk betina. Anjing ini terlihat sangat kokoh dan kuat serta berotot. Anjing ini juga terkenal dengan sikapnya yang kalem dan berkelakuan baik. Namun, jika ia mendapatkan tekanan, German Shepherd akan memberikan perlawanan.

4. Golden Retriever


dengan penampilan yang glamorous dan selalu ceria telah menjadi salah satu anjing pendamping (manusia) terpopuler di dunia. Kecerdasannya telah membuat trah ini mudah dilatih menjadi anjing yang serba bisa. Menjadi teman berburu, menuntun orang buta, membantu penyandang cacat tubuh hingga orang yang tuli, bahkan menjadi anjing therapy. Selain itu, trah ini juga telah banyak mengukir prestasi dalam kompetisi diberbagai bidang, seperti : Field Trials, Working Trials, Agility dan Obedience. Keindahannya juga menjanjikan kesuksesan di Show Ring. Namun di samping semua prestasi di atas, yang paling utama bagi pemiliknya adalah bahwa Golden Retriever merupakan anjing pendamping yang sempurna. Dengan pembawaan yang ramah, anjing ini selalu ingin menyenangkan pemilik dan keluarganya.

Warna bulu Golden Retriever senantiasa keemasan bila diterpa sinar, karena itu namanya Golden. Namun, tingkat kegelapan warnanya sangat beragam, mulai dari yang nyaris putih (broken white) hingga yang coklat kemerahan seperti tembaga. Pada awalnya trah ini dibiakkan untuk teman berburu burung dan unggas liar lainnya. Ketika buruan telah tertembak dan jatuh, maka Golden Retriever akan mengambil dan menyerahkannya kepada tuannya secara utuh. Kemampuan inilah yang menyebabkan trah ini disebut Retriever. Cobalah lempar bola, maka anjing ini akan mengejar dan menangkap serta mengembalikannya kepada anda.

Sebagai Working Dog, Golden Retriever banyak yang difungsikan sebagai pelacak barang-barang terlarang seperti narkoba, bom, dll. Banyak pula yang difungsikan sebagai anjing pencari dan penolong korban dalam kegiatan Search and Rescue (SAR), seperti dalam kasus runtuhnya bangunan bertingkat akibat gempa maupun oleh bom, seperti dalam kasus 911 ketika gedung WTC di New York runtuh akibat ditabrak pesawat oleh teroris.

5. Doberman Pinscher


Anjing Doberman merupakan species anjing yang cocok dijadikan sebagai anjing penjaga, karena anjing tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, protektif, patuh, bertubuh tegap atletis, sangat gesit, pemberani, memiliki intuisi tajam, sangat ditakuti lawan, mempunyai stamina yang sempurna dan memiliki bulu yang pendek sehingga sangat cocok untuk hidup di daerah tropis seperti Indonesia karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Mereka memiliki penciuman dan pendengaran yang tajam sehingga mampu menjadi anjing pelacak yang sempurna. Selain itu keunikan anjing Doberman dibanding anjing lain adalah kepatuhan mereka terhadap perintah yang diberikan majikan. Setelah melalui proses pelatihan, Anjing Doberman akan mudah memahami segala jenis perintah dengan sangat baik.

Informasi Paling populer di blog gonggong